KERAJINAN



Pengorbanan di Balik Sentra Kerajinan Mendong

Oleh : Admin / 29-05-2019

Dibaca 322 Kali

Mendong merupakan salah satu serat alam seperti halnya eceng gondok. Tanaman ini merupakan gulma bagi petani, namun setelah diolah menjadi kerajinan yang unik seperti tas, dompet, ataupun sandal, tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Kerajinan mendong menjadi ciri khas yang melekat pada desa Plembon, Minggir, Sleman. Di balik kesuksesan sentra kerajinan mendong di desa Plembon ada seorang pengrajin mendong yang mempunyai pengaruh besar yang menjadikan kerajinan mendong yang menjadi ciri khas desa Plembon.

Dwiyanto adalah pengrajin mendong di Desa Plembon yang memiliki andil yang besar dalam kesuksesan sentra kerajinan mendong yang juga merupakan kepala dukuh di desa Plumbon. Sebelum menggeluti usaha kerajinan mendong Dwiyanto merupakan pengrajin perak. Alasan Dwiyanto beralih usaha dari pengrajin perak menjadi pengrajin mendong dikarenakan ia ingin memberdayakan warga Plembon dan menjadikan desa Plembon sebagai desa yang dikenal sebagai sentra kerajinan mendong. Dwiyanto lahir dan tumbuh di desa Plembon, ia tahu bahwa mendong menjadi salah satu mata pencaharian warga Plembon. Warga Plembon membuat mendong rajut untuk dijadikan tikar ataupun dijual setengah jadi, sehingga harganya sangat murah dan kurang dihargai. Dengan adanya fenomena tersebut, Dwiyanto ingin menjadikan mendong sebagai barang yang memiliki harga jual yang tinggi, yaitu dengan mengolah bahan tersebut menjadi bermacam-macam barang seperti dompet, tas, sandal, dan lain-lain. Dwiyanto mulai menggandeng warga Plembon untuk menekuni dan berinovasi dalam menganyam mendong. Buah manis dapat dipetik oleh Dwiyanto, pada tahun 2009 ia mendirikan Deriji Craft yang dapat menyulap mendong menjadi berbagai bentuk kerajinan yang unik dan menarik. Kerajinan mendong menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Produk-produk mendong yang disediakan Dwiyanto yaitu berupa tas, dompet, sandal, sampul buku, sarung bantal, bahkan juga sajadah yang terbuat dari mendong.